Kamis, 02 Januari 2014

قال المحدّث النوري في «دار السلام»: حدّثني العالم العامل المولى فتحعلي ‏السلطان آبادي كان المولى الفاضل المقدّس التقيّ المولى محمّد صادق العراقي في غاية من الضيق والعسرة، وجهد البلاء، وتتابع اللاواء والضرّاء، ومضى عليه‏كذلك زمان فلم يجد من كربه فرجاً، ولا من ضيقه مخرجاً إلى أن رأى ليلة في ‏المنام كأنّه في واد يترءا فيه خيمة عظيمة عليها قبّة، فسئل عن صاحبها؟
   فقيل: فيه الكهف الحصين، وغياث المضطرّ المستكين الحجّة القائم المهديّ‏ والإمام المنتظر المرضيّ عجّل اللَّه تعالى فرجه وسهّل مخرجه، فأسرع الذهاب إليها، ووجدكشف ضرّه فيها، فلمّا وافى إليه صلوات اللَّه عليه، شكى عنده سوء حاله، وضيق زمانه‏ وعسر عياله، وسئل عنه دعاء يفرج به همّه ويدفع به غمّه.
   فأحاله‏ عليه السلام إلى سيّد من ولده، أشار إليه وإلى خيمته، فخرج من حضرته ودخل ‏في تلك الخيمة، فرأى السيّد السند والحبر المعتمد العالم الأمجد المؤيّد جناب‏ السيّد محمّد السلطان آبادي - والد سيّدنا الآتي ذكره - قاعداً على سجّادته، مشغولاً بدعائه وقرائته.
   فذكر له بعد السلام ما أحال عليه حجّة الملك العلّام، فعلّمه دعاء يستكفي به ‏ضيقه، ويستجلب به رزقه، فأنتبه من نومه، والدعاء محفوظ في خاطره، فقصد بيت جناب السيّد الأيّد المذكور، وكان قبل تلك الرؤيا نافراً عنه لوجه لايذكر.
   فلمّا أتى إليه ودخل عليه، رآه كما في النوم على مصلّاه، ذاكراً ربّه، مستغفراً ذنبه، فلمّا سلّم عليه أجابه وتبسّم في وجهه كأنّه عرف القضيّة، ووقف على ‏الأسرار المخفيّة، فسئل عنه ما سئل عنه في الرؤيا، فعلمه من حينه عين ذاك ‏الدعاء، فدعا به في قليل من الزمان، فصبت عليه الدنيا من كلّ ناحية ومكان، وكان ‏شيخنا دام ظلّه يثنى على السيّد السند ثناءاً بليغاً، وقد أدركه في أواخر عمره، وتلمّذ عليه شطراً من الزمان، وأمّا ما علّمه السيّد قدس سره في اليقظة والمنام فثلاثة أوراد:
   الأوّل: أن يذكر عقيب الفجر سبعين مرّة «يا فَتَّاحُ»، واضعاً يده على صدره، قلت: قال الكفعمي‏ رحمه الله في مصباحه: من ذكره كذلك أذهب اللَّه تعالى عن قلبه ‏الحجاب.
الثاني: ما رواه الكليني عن عليّ بن إبراهيم، عن أبيه، عن ابن أبي عمير، عن ‏إسماعيل بن عبدالخالق، قال: أبطأ رجل من أصحاب النبيّ‏ صلى الله عليه وآله وسلم عنه، ثمّ أتاه فقال ‏له رسول اللَّه ‏صلى الله عليه وآله وسلم:
ما أبطأ بك عنّا؟ فقال: السقم والفقر.
فقال: أفلا اُعلّمك دعاء يذهب اللَّه عنك بالفقر والسقم؟
قال: بلي يا رسول اللَّه. فقال: قل:
لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلّا بِاللَّهِ [الْعَلِيِّ الْعَظيمِ]، تَوَكَّلْتُ عَلَى الْحَيّ‏ الَّذي لايَمُوتُ، وَالْحَمْدُ للَّهِِ الَّذي لَمْ يَتَّخِذْ [صاحِبَةً وَلا] وَلَداً، و َلَمْ يَكُنْ لَهُ شَريكٌ فِي الْمُلْكِ، وَلَمْ يَكُنْ لَهُ وَلِيٌّ مِنَ الذُّلِّ، وَكَبِّرْهُ تَكْبيراً.
قال: فما لبث أن عاد إلى النبيّ‏صلى الله عليه وآله وسلم فقال: يا رسول اللَّه، قد أذهب اللَّه عنّي‏السقم والفقر.
   الثالث: ما رواه ابن فهد في عدّة الداعي عن النبيّ‏صلى الله عليه وآله وسلم:
من قال دبر صلاة الغداة هذا الكلام كلّ يوم، لم يلتمس من اللَّه تعالى حاجة إلّاتيّسرت له، وكفاه اللَّه ما أهمّه:
   بِسْمِ ‏اللَّهِ وَصَلَّى اللَّهُ عَلى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ، وَاُفَوِّضُ أَمْري إِلَى‏ اللَّهِ، إِنَّ اللَّهَ بَصيرٌ بِالْعِبادِ، فَوَقيهُ اللَّهُ سَيِّئاتِ ما مَكَرُوا، لا إِلهَ إِلّا أَنْتَ، سُبْحانَكَ إِنّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمينَ، فَاسْتَجَبْنا لَهُ وَنَجَّيْناهُ مِنَ الْغَمّ ‏وَكَذلِكَ نُنْجِى الْمُؤْمِنينَ، وَحَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكيلُ، فَانْقَلَبُوا بِنِعْمَةٍ مِنَ اللَّهِ، وَفَضْلٍ لَمْ يَمْسَسْهُمْ سُوءٌ، ما شاءَ اللَّهُ لا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلّا بِاللَّهِ، ما شاءَ اللَّهُ لا ما شاءَ النَّاسُ، ما شاءَ اللَّهُ وَإِنْ كَرِهَ النَّاسُ.
   حَسبِيَ الرَّبُّ مِنَ الْمَرْبُوبينَ، حَسْبِيَ الْخالِقُ مِنَ الْمَخْلُوقينَ، حَسْبِيَ الرَّازِقُ مِنَ الْمَرْزُوقينَ، حَسْبِيَ اللَّهُ رَبُّ الْعالَمينَ، حَسْبي مَنْ هُوَ حَسْبي، حَسْبي مَنْ لَمْ يَزَلْ حَسْبي، حَسْبي مَنْ‏كانَ مُذْ كُنْتُ [لَمْ يَزَلْ] حَسْبي، حَسْبِيَ اللَّهُ لا إِلهَ إِلّا هُوَ، عَلَيْهِ‏ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظيمِ.
وهذه الأوراد ممّا ينبغي المواظبة عليها، فقد صدّقتها الدراية والرواية والخبر.

Muhadist Nuri ra. dalam kitab  Dar As-Salam  menuturkan : Telah bercerita kepadaku ‘Alim Mulla Fatah ’Ali Sultan Abadi ra. tentang sosok mulia, suci dan taqwa Mulla Muhammad Shadiq Iraqi ra.
yang ketika itu tengah berada dalam kefakiran, kesempitan, kesulitan dan bencana, dia tertimpa kesulitan dari berbagai arah. Hari-harinya dilewati tanpa hasil dalam usahanya dan kesulitan tetap melilitnya. Sampai suatu malam dia bermimpi berada di padang pasir, dia melihat sebuah kemah yang memiliki kubah yang menjulang. Syeikh bertanya: “Kemah ini milik siapa?” Seseorang berkata padanya: “Kemah ini tempat berlindung orang-orang yang mengalami kesusahan dan kesulitan, tempat Hujah Qaim Mahdi Imam Muntazhar af.” Lalu Syekh bergegas mendatangi kemah tersebut, karena di sana segala kesulitannya akan teratasi. Ketika sampai di hadapan Imam Zaman as, beliau mengadukan semua kesulitan dan tekanan hidup yang dihadapinya. Ia meminta do’a dari Imam as. supaya semua kesedihannya dihilangkan dan semua kesulitannya lenyap.Imam as. menyuruhnya pergi ke kemah dan menemui salah seorang Sayyid dari putranya, Syekh pun undur diri dari Imam as. dan pergi ke kemah tersebut. Di dalam kemah ia melihat seorang sayyid alim besar, baik hati, terpercaya, memiliki kedudukan yang tinggi dan dipercaya oleh semua orang, Sayyid Muhammad Sultan Abadi yang tengah sujud dan berdo’a. Setelah beliau membaca salam, apa yang diperintahkan oleh Imam as. pun disampaikan kepadanya, Sayyid mengajarkan do’a yang akan bisa menghilangkan kesulitan dan menambah rezeki.Syekh pun terbangun dari tidur, sementara mulutnya dalam keadaan membaca do’a tersebut. Kemudian dia pun pergi ke rumah Sayyid Muhammad Sultan Abadi.  Ketika sampai dan masuk di dalam rumah Sayyid, ia melihatnya dalam keadaan shalat di atas sajadahnya – persis seperti apa yang ada dalam mimpinya – beliau tengah memuji Tuhan dan meminta ampunan dari-Nya. Syeikh pun memberi salam dan Sayyid pun menjawab salamnya dengan nada seolah-olah beliau tahu apa yang terjadi. Syekh bertanya seperti apa yang ada dalam mimpinya dan Sayyid pun mengajari do’a seperti dalam mimpi.Syekh untuk beberapa waktu selalu membaca do’a tersebut, dan duniapun mendatanginya dari berbagai arah. Dengan penuh hormat selalu memuji-muji gurunya  dan di akhir hidupnya dia pun menjadi murid Sayyid Muhammad Sultan Abudi.  Apa yang diajarkan oleh Sayyid dalam mimpi dan terjaga, adalah tiga dzikir antara lain:

1. Selepas usai shalat subuh dalam keadaan tangan diletakkan di atas dada, sebanyak tujuh puluh kali membaca  ya fattah. Kaf’ami ra. dalam kitab“Al-Misbah“ berkata: “Barang siapa yang selalu membaca do’a ini, maka Tuhan akan menghilang hijab dari hatinya.”

2. Kulaini ra. dalam kitab “Al-Kafi“ menyampaikan sebuah riwayat berikut: Salah seorang sahabat Rasul saw setelah beberapa hari, dia tidak bisa menemuinya. Setelah kesekian harinya, dia berhasil menemui Rasulullah saw. Lalu beliau berkata kepadanya: “Apa yang menghalangimu sehingga dalam beberapa hari ini tidak menemuiku?”  Dia menjawab: “Sakit dan kefakiran.”
Beliau bersabda: “Bersediakah aku ajarkan satu do’a hingga dengan do’a tersebut Tuhan menjauhkanmu dari sakit dan kefakiran?” Dia menjawab: “Tentu, wahai utusan Allah.”
Rasulullah saw. berkata: “Bacalah doa ini.”
Tiada kekuasaan dan kekuatan kecuali dari Allah (yang maha tinggi lagi maha agung), aku bertawakal kepada yang maha hidup, yang tidak pernah mati, segala puji bagi Allah yang tidak memiliki putra, tidak ada satupun sekutu bagi-Nya dalam kekuasaan ini, tidak ada penolong bagi-Nya dari kelemahan dan  Dia-lah yang maha besar “.

Perawi menuturkan bahwa setelah tidak berapa lama sahabat tersebut kembali menemui Rasulullah saw, seraya berkata: ”Wahai Rasulullah, Allah telah menghilangkan dariku semua penyakit dan kefakiran.”

3. Ibnu Fahd Hilli ra. dalam kitab ‘Uddah ad-Dai’ meriwayatkan dari Rasulullah saw, beliau bersabda:
Barang siapa yang membaca doa ini setiap hari setelah shalat subuh, maka seluruh permohonannya akan dikabulkan Allah Swt. Doa tersebut sebagai berikut:        
Dengan asma Allah, salam sejahtera bagi Muhammad dan keluarganya, aku serahkan segala urusanku kepada Allah, sesungguhnya Allah maha melihat hamba-hamba-Nya, maka Allah akan menjaga dari segala keburukan yang dibencinya, tiada Tuhan kecuali Engkau, maha suci Engkau sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berbuat zalim. Maka Kami mengabulkan permintaannya dan menyelamatkannya dari kesedihan, begitu pula Kami akan menyelamatkan kaum mukminin, cukuplah Allah  sebaik-baiknya  wakil,  mereka  pun  berubah  dengan  nikmat   dan   karunia dari Allah, Dia tidak memberikan keburukan kepada mereka, semua kehendak Allah itulah yang terjadi, tiada kekuasaan dan kekuatan kecuali milik Allah, semua kehendak Allah itulah yang terjadi, bukanlah kehendak manusia, semua kehendak Allah itulah yang terjadi, walaupun tidak disukai manusia.
Cukup bagiku maha pendidik dari segala pendidik, cukup bagiku pencipta dari segala yang dicipta, cukup bagiku pemberi rezeki dari segala yang diberi rezeki, cukup bagiku Allah, Tuhan semesta alam, cukup bagiku yang mencukupi kebutuhanku, cukup bagiku yang selamanya mencukupiku, cukup bagiku yang sebelumku ada, cukup bagiku Allah tiada Tuhan kecuali Dia, hanya kepada-Nya aku bertawakal dan Dia adalah Tuhan arasy yang agung.
Dianjurkan untuk selalu membaca wirid ini. Karena kandungan, sanad dan riwayat dari dzikir dan do’a-do’a tersebut sudah teruji kebenarannya[1]

[1] Dar al-Islam jilid 2 hal.266

Templateify

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae abtore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt explicabo. Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit

0 komentar